Tips Manajemen Website Agar Mengelola Website Bisnis Lebih Terarah

Uncategorized

Baik bisnis yang sudah profesional maupun pada bisnis yang sedang berkembang, memiliki website atau situs resmi perusahaan merupakan suatu keharusan. Website tidak hanya untuk keperluan promosi saja, namun dengan adanya website masyarakat akan lebih mudah mengenali profil bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Website bisnis pada umumnya berisi konten-konten produk yang dijual dan sekilas tentang profil perusahaan. Jika tidak dikelola dengan baik dan kreatif, isi dari website bisa sangat membosankan dan sedikit pengunjung. Oleh karena itu diperlukan adanya manajemen website.

Pengertian manajemen website sendiri merupakan suatu upaya untuk mengelola dan mengorganisir isi atau konten website dengan tujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Sehigga jika suatu website bisnis atau perusahaan sering dikunjungi oleh pengguna internet diharapkan dapat meningkatkan profit atau keuntungan perusahaan.

Mengacu pada pengertian manajemen website tersebut, berikut ini beberapa tips mengelola website bisnis yang efektif, inovatif dan tidak membosankan:

7 Tips Manajemen Website Bisnis yang Tidak Membosankan

  1. Membangun Sistem Manajemen Konten
    Sistem manajemen konten atau dalam istilah situs sering disebut CMS (Content Management System) merupakan suatu perangkat lunak untuk menambah atau mengubah isi suatu website. Tujuan penggunaan CMS adalah untuk mengelola konten yang tidak memiliki pengetahuan terkait HTML untuk mengubah, membuat, mengelola maupun menghapus isi dari website tanpa perlu memiliki keahlian webmaster. Sehingga dengan menggunakan CMS akan memudahkan Anda untuk memperbarui dan mengintegrasikan fitur dalam website perusahaan Anda.
  2. Berorientasi untuk Mempertahankan Pelanggan
    Tujuan pembuatan website perusahaan memang untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Sehingga tugas manajer website seperti yang sudah disinggung pada pengertian manajemen website perlu mempertahankan kuantitas pengunjung website. Biasanya pengelola website akan menggunakan konten-konten SEO yang dapat mengarahkan pengunjung ke situs website. Anda juga bisa menambahkan tools media sosial untuk berbagi konten dengan mudah. Cara ini bisa dibilang sangat efektif untuk semakin melebarkan sayap bisnis melalui media sosial.
  3. Membuat Blog
    Meskipun website bisnis, tidak ada salahnya Anda membuat menu blog pada situs perusahaan Anda. Dengan adanya konten blog dengan artikel-artikel yang friendly akan membuat website tidak membosankan. Namun, Anda harus konsisten untuk mengisi atau menulis artikel agar blog tetap update.
  4. Sediakan Kolom Testimonial
    Sebagai website yang memuat profil perusahaan atau bisnis, maka perlu adanya kolom testimonial pelanggan dalam website. Tujuannya agar pengunjung lain yang belum pernah menggunakan produk yang dijual bisa mengetahui bagaimana pendapat atau testimoni dari konsumen Anda. Semakin banyak testimoni baik maka akan semakin meningkatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.
  5. Tampilan Website yang Menarik
    Manajemen website juga bisa dilakukan dengan memperbaiki tampilan website agar lebih menarik dan responsif. Dengan mengkuti tren tampilan website masa kini akan membuat website Anda tidak membosankan dan tidak monoton.
  6. Gunakan Server Hosting
    Seperti yang dijelaskan dalam pengertian manajemen website dimana tujuannya untuk mempertahankan pelanggan, maka Anda bisa menggunakan server hosting untuk membantu mempercepat akses ke situs website Anda. Hal ini karena sebagai pengguna internet lebih menyukai berkujung ke situs yang lebih mudah di akses.
  7. Hindari Pemasangan Iklan yang Berlebihan
    Ingat bahwa website Anda adalah situs resmi perusahaan, maka sebaiknya tidak memasang iklan-iklan yang tidak sesuai dengan konten website Anda. Penggunaan iklan yang berlebihan bisa mengganggu pengunjung website karena seringkali tidak sengaja ter-klik.

Jadi itulahi ulasan singkat tentang manajemen websitedan tips untuk mengelola website. Semoga bisa membantu Anda untuk meningkatkan pengunjung website perusahaan Anda.

sumber artikel : https://www.maxmanroe.com/

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*